Insane Aquarium

Insane Aquarium
Gambar editan gaweane Mas Ayok

TV Online

SMS gratis

Jumat, 05 Oktober 2012

Jenis Jenis Tarantula



Saya akan share tentang jenis jenis hewan berkaki delapan yang umum disebut dengan tarantula ini.


Avicularia Versicolor
Tarantula itu adalah hewan dari keluarga arachnida yang cukup berbeda dengan arachnida pada lainnya.
Ukuran tarantula dapat jauh lebih besar daripada laba laba pada umumnya. Kalau laba laba pada umumnya kita lihat memiliki besar sekitar 1 cm, kalau tarantula bisa menembus ukuran 20cm dari rentang kaki ke kakinya.

Dari mitos mitos di kalangan masyarakat yang banyak beredar tentang tarantula adalah mereka dapat membunuh manusia dengan racunnya. Kenyataannya adalah tidak begitu. Riset membuktikan kalau tidak ada orang didunia yang meninggal dunia karena gigitan tarantula, karena gigitannya hanya mematikan bagi hewan hewan kecil yang menjadi mangsanya seperti serangga dan tikus tikus kecil.
Yang menarik dari tarantula adalah warnanya yang sangat beragam seperti oranye, merah, hitam, putih, biru, pink, bahkan ada yang berwarna ungu. Beberapa jenis diantaranya bahkan sangat jinak dan bisa dipegang oleh manusia.


Brachypelma Smithi
Pada dasarnya tarantula dibagi menjadi 2 jenis, yaitu New World dan Old World

1. Old World
Jenis ini tersebar luas di kawasan Asia Pasifik, dengan ciri2 bulu di badannya yang tidak terlalu banyak dan sifatnya sangatlah agresif, dimana dia akan menggigit apa saja yang ada didekatnya.

M.Balfouri ( Jenis Tarantula yang memiliki harga sangat fantastis, bayi tarantula M.Balfouri dibandrol di atas Rp 1.000.000,00 di pasar internasional )
2.New World
Jenis ini tersebar luas di wilayah Benua Amerika dan sekitarnya, dengan ciri ciri bulu bulu yang lebih lebat dan cenderung lebih tenang terhadap manusia, dimana pertahanannya lebih kepada melepas bulu bulu yang membuat gatal daripada menggigit.


Brachypelma Albiceps
dan dari kedua jenis tersebut dapat dikategorikan menjadi 2 golongan besar

1. Golongan terrestrial
Dimana tarantula terrestrial lebih suka berdiam diri di tanah dan menggali lubang, di sekitar lubangnya dia akan membuat sebuah jaring dimana ketika ada serangga lewat, tarantula dapat merasakannya dari jaringnya yang sangat tipis tersebut dan dalam hitungan detik, mangsanya akan langsung disergap.


Chaco Golden Knee – Tarantula terjinak
2. Golongan Arboreal
Tarantula Arboreal lebih suka berada di ketinggian seperti di pepohonan. Tarantula arboreal memiliki rentang kaki yang lebih panjang dari jenis terestrial, dan juga memiliki kecepatannya jauh lebih cepat


Avicularia Purpurea
Beberapa hal yang menarik tentang tarantula :
1. Tarantula dewasa dapat tahan tidak makan dalam kurun waktu 1 tahun!!
2. Umur tarantula ternyata tidak singkat seperti yang kita bayangkan laba2 pada umumnya, kisaran umur jantan 5 taunan dan betina dapat mencapai 20 tahun!!
3. Kaki tarantula yang putus dan terluka dapat beregenerasi pada penggantian kulit berikutnya, dan dapat tumbuh seperti sedia kala
4. Tarantula menjadi hewan yang dilindungi dikawasan amerika, dimana ada aturan dari CITES, tarantula tidak boleh ditangkap dan diperjual belikan, hanya yang tarantula dari penangkaran yang boleh diperjual belikan.
5. Walaupun tubuhnya terbilang cukup besar, jenis tarantula tertentu dapat berlari dengan kecepatan yang tidak kita duga.


Baby Tarantula/Spiderling/Sling
Tahukah agan2 semua kalau beberapa tahun belakangan initarantula menjadi salah satu hewan favorit untuk di jadikan pet di daerah khususnya Amerika, karena tarantula dianggap sebagai hewan peliharaan yang eksotis, dan perawatannya yang cenderung lebih simpel dan tidak memakan waktu daripada hewan peliharaan pada umumnya. Dan perlu diketahui harga tarantula di pasaran bisa dibilang tidak murah berkisar dari $30 – $500 untuk jenis yang langka dan bisa dibilang sebagai kolektor item.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Angel eram

Mari Bunuh Orang Ini

Snake


Kuis TIK

Metal Slug

Popular Posts

Pengikut

Total Tayangan Halaman

Blog Globe

Blogger news

Blogger templates

Pages

About

Pemirsa

Flag Counter

Terjemahan