Insane Aquarium

Insane Aquarium
Gambar editan gaweane Mas Ayok

TV Online

SMS gratis

Kamis, 11 April 2013

Bagaimana Bentuk Undur Undur Setelah Ber-Metamorfosis?



undur undur
Undur undur
KLASIFIKASI UNDUR UNDUR

Kingdom: Animalia
Phylum: Arthropoda
Class: Insecta
Order: Neuroptera
Family: Myrmeleontidae
Genus: Myrmeleon
Species: formicarius
Harapan hidup: 3 tahun (larva), 1 bulan (imago)
Nama latin undur undur adalah Myrmeleon formicarius. Myrmeleon merupakan penggabungan dua suku kata dari bahasa latin, mymex yang berarti semut dan leon yang berarti singa. Sehingga dalam bahasa inggris undur undur dikenal dengan nama antlion.
jebakan undur undur
jebakan undur undur

HABITAT
Undur undur hidup di dalam tanah berpasir halus yang terlindung dari cahaya matahari langsung. Keberadaan undur undur dapat diketahui dari banyaknya lubang yang mereka buat sebagai sarang mereka.
undur undur menangkap semut
semut, makanan utama undur undur


MAKANAN
Makanan undur undur adalah semut yang terjebak dalam lubang yang mereka buat. Undur undur makan dengan cara menghisap cairan tubuh semut, sementara bagian tubuhnya tidak dimakan.
METAMORFOSIS UNDUR UNDUR
Metamorfosis pada undur undur adalah metamorfosis sempurna (telur, larva, pupa, dan imago). Undur undur termasuk dalam kelompok hewan holometabola, yaitu kelompok serangga yang mengalami metamorfosis sempurna. Berdasarkan ciri sayap dan mulutnya, undur undur masuk dalam ordo Neuroptera (serangga bersayap jala).
telur undur undur
telur undur undur
TELUR
Capung undur undur betina biasanya akan meletakkan telur mereka di dalam tanah berpasir halus atau berdebu. Namun, ada juga jenis undur undur yang bertelur pada permukaan daun. Setelah 5 hari, telur akan menetas dan berkembang menjadi larva. Ditandai dengan adanya sarang berupa galian tanah.
larva undur undur
larva undur undur menetas
LARVA
Telur capung undur undur betina akan menetas menjadi larva yang kita kenal dengan nama undur undur atau doodlebug. Undur undur menghabiskan hampir seluruh hidupnya sebagai larva. Pada tahap ini, undur undur menggali lubang di pasir dan menunggu serangga lain, seperti semut, untuk lewat dan jatuh ke dalamnya. Dengan rahangnya yang besar, undur undur akan menghancurkan tubuh mangsanya hingga cairan tubuhnya keluar dan dihisapnya. Tahap larva berlangsung antara 1 hingga 3 tahun.
kepompong undur undur
pupa/kepompong undur undur

PUPA
Pupa adalah kepompong pada saat undur undur sudah tidak lagi melakukan kegiatan, pada saat itu juga terjadi penyempurnaan dan pembentukan organ. Adanya gumpalan tanah berbentuk bola merupakan ciri undur undur dalam fase pupa. Proses ini biasanya berlangsung sekitar 3 minggu sampai 1 bulan.
metamorfosis undur undur
imago undur undur
IMAGO
Imago adalah fase dewasa atau fase reproduktif undur undur. Imago lebih aktif saat malam (nokturnal). Makanan imago sebagai dewasa adalah nektar. Fokus utama imago undur undur adalah reproduksi. Capung undur undur dewasa dapat kawin hingga 2 jam lamanya. Imago hidup antara 1 bulan hingga 45 hari. Banyak orang yang tidak tahu kalau bentuk fase dewasa undur undur adalah capung. Meskipun demikian bentuk tubuh capung undur undur dengan capung biasa tidak sama.

MANFAAT UNDUR UNDUR
Undur undur berkhasiat menurunkan kadar gula penderita diabetes. Serangga ini mengandung zat sulfonylurea yang dapat melancarkan kerja pankreas dalam memproduksi insulin. Insulin berfungsi menyeimbangkan kadar glukosa dalam darah. Sebagai obat, undur undur hidup biasanya dimasukkan ke dalam kapsul tanpa dicuci sebelumnya, kemudian ditelan.

TEKNIK BERBURU UNDUR UNDUR
- Ditiup dengan sedotan
Dengan cara ditiup, massa pasir yang lebih ringan akan keluar terbawa tiupan angin. Sedangkan undur undur dengan massa yang lebih berat akan tertinggal, sehingga mudah ditangkap.
- Disendok dan diayak dengan jaring/ saringan teh
Setelah disendok, undur undur yang diperkirakan ada di dalam sendok bersama pasir, dituang ke dalam jaring dan diayak, undur undur akan kelihatan dan mudah ditangkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Angel eram

Mari Bunuh Orang Ini

Snake


Kuis TIK

Metal Slug

Popular Posts

Pengikut

Total Tayangan Halaman

Blog Globe

Blogger news

Blogger templates

Pages

About

Pemirsa

Flag Counter

Terjemahan